Create an Account CourseStreet Log in  Connect with Facebook
Home Blog

SOS 3354 Blog

A GROUP WEBLOG FOR 8 CARA BERHENTI MEROKOK SOS 3354

« return

July 22, 2019

8 Cara Untuk Bisa Berhenti Merokok


Cara Berhenti Merokok (Langkah-demi-Langkah)
Rencana langkah demi langkah untuk membantu Anda berhenti merokok. Anda akan menemukan panduan, praktik terbaik, fakta, dan kiat untuk membantu Anda mencapai tujuan dengan sukses. Langkah-langkah dasar untuk berhenti adalah sebagai berikut:

1. Buat Keputusan untuk Berhenti
2. Pahami Kali Berisiko Tinggi Anda
3. Persediaan Persediaan
4. Pilih Tanggal Berhenti
5. Biarkan Orang Tahu
6. Hapus Pengingat Merokok
7. Tanggal Berhenti Anda dan 2 Minggu Pertama
8. Strategi Pemeliharaan dan Mengatasi

Langkah 1: Buat Keputusan untuk Berhenti
Temukan alasan yang tepat untuk anda berhenti merokok. Berhenti merokok adalah tantangan. Anda dapat bangkit menghadapi tantangan, tetapi itu membantu jika Anda memiliki tujuan yang benar di benak Anda.

Jika Anda telah mencoba berhenti merokok dan banyak mengalami kegagalan, jangan biarkan itu menjadi hambatan. Semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Mungkin Anda belum siap terakhir kali. Mungkin Anda hanya tidak mengambil langkah-langkah yang benar.

Langkah 2: Pahami Kapan Resiko Anda Akan Merokok
Merokok lebih dari sekadar kecanduan fisik terhadap nikotin. Ini juga merupakan kecanduan psikologis. Kenapa kamu merokok? Apakah untuk mengistirahatkan harimu yang sibuk? Apakah ini saat yang tepat ketika Anda bisa sendirian dengan pikiran Anda? Kebanyakan orang merokok memiliki alasan yang hampir sama dengan pecandu minuman beralkohol. Merokok adalah kesempatan untuk melarikan diri, bersantai, atau hadiah untuk diri Anda sendiri.

Antisipasi situasi berisiko tinggi untuk merokok dan rencanakan solusinya. Ini akan membantu Anda menangani situasi tersebut dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa situasi umum orang merokok:
Minum kopi
Menyelesaikan makan
Mengemudi mobil Anda
Menggunakan telepon
Situasi yang penuh tekanan
Minum alkohol
Acara sosial

Berikut Ini adalah beberapa strategi untuk menghadapi pemicu Anda:
Jika Anda merokok dengan kopi pagi Anda, rencanakan untuk minum kopi pertama di tempat kerja yang mungkin Anda tidak bisa merokok.
Jika Anda merokok saat mengemudi, rencanakan untuk mengambil rute yang berbeda. Ini akan membuat pikiran Anda sibuk.
Jika Anda merokok setelah makan, rencanakan bangun setelah makan. Jalan-jalan, gosok gigi, lakukan sesuatu.
Jika Anda merokok ketika sedang berbicara di telepon, pegang bola anti stress di sebelah ponsel agar tangan Anda sibuk.
Rencanakan untuk membuat diri Anda sibuk di awal. Terlalu banyak waktu yang tidak terstruktur bukanlah hal yang baik ketika berhenti merokok.

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah berpikir untuk menghindari semua atau tidak sama. Jangan menyerah dan membiarkan anda mencuri-curi untuk merokok.

Buang sisa paket.
Anda tidak gagal jika Anda terpeleset dan mengulang kebiasaan merokok.
Semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti, semakin besar peluang Anda untuk sukses.
Belajarlah dari pengalaman Anda. Apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda.
Jangan pernah lupa alasan Anda untuk berhenti sejak awal.

Langkah 3: Siapkan Pengganti
Setiap perokok memahami bahwa merokok juga merupakan kecanduan oral. Ketika Anda berhenti merokok, otak Anda akan tetap menginginkan sensasi oral dari sebatang rokok. Sebagai bagian dari rencana berhenti merokok Anda, persediaan pengganti oral seperti permen karet, sayuran mentah, batang wortel, permen keras, pengaduk kopi, sedotan, dll.
Jika Anda berencana untuk menggunakan pengganti nikotin atau merokok, bicarakan dengan dokter Anda pada saat ini. Pelajari cara menggunakannya. Cari tahu tentang efek samping potensial dan apa yang harus diwaspadai.

Langkah 4: Pilih Tanggal Berhenti
Tanggal berhenti adalah komitmen pribadi. Ini penting karena akan mempersiapkan pikiran Anda secara tidak sadar. Pilih tanggal dalam bulan berikutnya. Itu tidak harus menjadi hari yang istimewa.

Hindari hari ketika Anda tahu Anda akan sibuk, tegang, atau memiliki acara khusus yang bisa menjadi pemicu. Tuliskan tanggal berhenti Anda di suatu tempat, dan lihat setiap hari. Biarkan tekad Anda membangun saat Anda semakin dekat.

Langkah 5: Biarkan Orang Tahu
Berhenti lebih mudah dengan dukungan. Pilih orang yang menurut Anda akan membantu. Beri tahu mereka rencana Anda dan bagaimana mereka dapat membantu. Juga beri tahu mereka walaupun mereka tidak bisa membantu.
Teman dapat membantu mengalihkan perhatian Anda.
Mereka dapat mendengarkan Anda.
Berbagi perjuangan Anda membuatnya lebih ringan.

Langkah 6: Hapus Semua Benda yang Mengingatkan Merokok
Merokok seperti kecanduan apa pun dipicu oleh orang, tempat, dan hal-hal lain. Dalam hal ini perlengkapan termasuk rokok, korek api, dan asbak. Singkirkan semuanya. Jangan simpan apa pun walaupun dengan alasan "berjaga-jaga."
Segarkan lingkungan Anda di rumah, bekerja, dan di mobil Anda. Bau rokok jelas merupakan pemicu, terutama di awal.

Langkah 7: 2 Minggu Pertama
Dua minggu pertama sangat penting untuk kesuksesan Anda. Jika Anda bisa mendapatkan dua minggu pertama, peluang Anda untuk sukses jauh lebih tinggi. Karena itu, penting untuk memberi diri Anda peluang terbaik yang bisa Anda dapatkan selama minggu-minggu kritis ini.

Dua minggu pertama adalah semua tentang gangguan, tetap sibuk, dan bersikap baik kepada diri sendiri. Tetap sibuk dengan kegiatan yang menyenangkan, stres rendah dan hindari yang stres tinggi.

Tetap Sibuk
Rencanakan banyak pertemuan dengan teman. Keluar dari rumah. Jalan-jalan, bersepeda, atau pergi ke gym. Pergi ke bioskop. Jadilah baik untuk dirimu sendiri.
Buat diri Anda sibuk. Beberapa orang suka menggunakan pena, sedotan atau pengaduk kopi.

Minum banyak air.
Temui orang-orang yang menawarkan bantuan. Semua orang mengerti betapa sulitnya ini. Orang-orang akan senang kalau Anda melakukannya. Jangan mencoba melakukannya sendiri.

Jangan bergaul dengan perokok. Itu seperti pecandu narkoba yang bergaul dengan pecandu narkoba. Tidak peduli seberapa ramah dan mendukung teman-teman merokok Anda, mereka masih merupakan lingkungan berisiko tinggi untuk setidaknya beberapa bulan pertama.

Berlatihlah mengatakan, "Tidak, terima kasih, saya tidak merokok lagi."
Pahami bahwa Anda akan menghadapi situasi berisiko tinggi yang belum pernah Anda pikirkan. Jika Anda menemukan diri Anda terpicu, rencanakan untuk bangun dan pergi dengan cepat.

Perubahan pemandangan bisa membuat perbedaan.
Bicaralah pada dirimu sendiri
Kebanyakan keinginan merokok hanya bertahan 10 - 20 menit. Mengalihkan perhatian Anda, dan keinginan akan berlalu. Ketika Anda berpikir tentang menggunakan, bicaralah pada diri sendiri dan buat diri Anda sibuk.

Langkah 8: Strategi Memelihara dan Mengatasi
Coba berhenti merokok untuk sehari. Jangan berpikir untuk berhenti selamanya. Itu bisa luar biasa. Hadapi sekarang untuk hari ini, dan dilanjutkan hari-hari berikutnya.
Peliharalah Diri Anda

Jadilah baik untuk dirimu sendiri. Ini mungkin merupakan strategi penanggulangan yang
paling penting dalam berhenti merokok. Ini adalah salah satu hal paling sulit untuk dilakukan siapa pun, terutama seseorang yang kecanduan.

Kecenderungan Anda adalah tidak memberi hadiah pada diri sendiri saat Anda berhenti. Anda akan berpikir bahwa Anda belum pantas mendapatkannya. Anda akan berpikir bahwa Anda hanya pantas mendapat hadiah begitu Anda sudah lama tidak merokok. Tapi itu pemikiran lama. Ini adalah kesempatan Anda untuk mempelajari strategi yang lebih baik.
Bagaimana Anda bisa menjadi baik bagi diri Anda berbeda untuk semua orang. Cari cara baru untuk menghargai diri sendiri dengan cara yang sama seperti Anda mengejar kecanduan. Anda sedang belajar pola berpikir baru yang akan membantu dalam sisa hidup Anda.

Jangan mencoba diet sambil berhenti merokok. Terlalu banyak kekurangan akan menjadi bumerang. Sebagai gantinya, cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran.
Rayakan Kemenangan Anda

Jangan fokus pada perjuangan Anda dan mengabaikan kesuksesan Anda. Anda mungkin cenderung mendiskualifikasi hal positif dan fokus pada hal negatif. Tapi jangan meremehkan seberapa jauh capaian anda. Perkuat kemenangan Anda.
Hadiah tidak harus berupa uang. Anda dapat merencanakan untuk berkumpul dengan teman-teman Anda dan melakukan sesuatu.

Manajemen stres
Istirahat yang cukup dan makan sehat. Kurang tidur dan gula berlebihan diketahui sebagai pemicu.

Gunakan pengganti keinginan oral seperti permen karet, sayuran mentah, tongkat wortel, permen keras, pengaduk kopi, sedotan.
Stres adalah pemicu besar untuk merokok.

Bersantailah dengan menarik napas dalam-dalam. Tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Ulangi 5 kali dan lihat bagaimana perasaan Anda.
Pemeliharaan

Ketika Anda mengidam, pikirkan seberapa kuat Anda sejauh ini.
Ingat alasan Anda untuk berhenti.
Jangan biarkan kecanduan Anda menang.
Pikirkan manfaatnya bagi kesehatan, keuangan, dan keluarga Anda. Untuk info lainnya kunjungi kami di https://apdetinfo.com
Ingatkan diri Anda bahwa tidak ada yang namanya sebatang rokok saja.
Mulailah melihat diri Anda sebagai bukan perokok. Itu adalah hasil akhir. Anda membebaskan diri dari kendali kecanduan Anda.
Posted by      shofia s. at 8:56 AM WIB

Comments:

Want to post a comment? Please Log in or Create an Account.

 Copyright © 2007-2016 shofia samawa. All rights reserved.